Wednesday, October 24, 2012

Simple Carbohydrates


Seperti namanya, molekul karbohidrat terdiri dari karbon, hidrogen, dan atom oksigen. Bentuk sederhana dari karbohidrat disebut gula. Bentuk yang lebih kompleks dari karbondioksida sering disebut pati atau serat, tergantung pada enzim yang mecerna karbohidrat di saluran pencernaan manusia. Monosakarida dan disakarida sering disebut sebagai gula sederhana karena mereka hanya berisi satu atau dua unit gula.




Monosakarida-Glukosa, Fruktosa, dan Galaktosa

Monosakarida adalah unit gula sederhana (mono berarti satu) yang berfungsi sebagai dasar unit semua struktur karbohidrat. Monosakarida yang paling umum dalam makanan yaitu glukosa, fruktosa, dan galaktosa.

Glukosa adalah monosakarida utama yang ditemukan dalam tubuh. Glukosa juga dikenal sebagai dekstrosa dan glukosa dalam aliran darah dapat disebut gula darah. Glukosa adalah sumber energi yang penting bagi sel manusia, meskipun makanan mengandung sangat sedikit karbohidrat karena gula tunggal. Sebagian glukosa berasal dari pencernaan pati dan sukrosa (gula meja umum) dari makanan kita. Yang terakhir ini terdiri dari glukosa monosaccharides dan fruktosa. Untuk sebagian besar gula, dan karbohidrat lainnya di makanan yang akhirnya dikonversi menjadi glukosa di hati. Glukosa ini kemudian melanjutkan untuk berfungsi sebagai sumber bahan bakar bagi sel.

Fruktosa, juga disebut gula buah, merupakan monosakarida yang umum. Setelah dikonsumsi, fruktosa diserap oleh usus halus dan kemudian diangkut ke hati, di mana fruktosa dengan cepat dimetabolisme. Banyak fruktosa yang diubah menjadi glukosa, kemudian sisanya di buat untuk membentuk senyawa lain, seperti lemak (jika fruktosa dikonsumsi dalam jumlah yang sangat tinggi). Sebagian besar fruktosa bebas dalam makanan kita berasal dari high-fructose corn syrup dalam minuman ringan, permen, selai, jeli, dan dari produk-produk buah dan makanan penutup lainnya. Fruktosa juga ditemukan secara alami dalam buah-buahan dan bentuk setengah dari setiap molekul sukrosa, seperti yang bahas sebelumnya.

Galaktosa gula memiliki struktur yang hampir sama dengan glukosa. Sejumlah besar galactose murni tidak ada di alam. Sebaliknya, galaktosa biasanya ditemukan terikat di glukosa dalam laktosa, gula yang ditemukan dalam susu dan produk susu lainnya. Setelah laktosa dicerna dan diserap, galaktosa sampai di hati. Galaktosa yang berada di hati tersebut, berubah menjadi glukosa atau berlanjut dimetabolisme menjadi glikogen.

Disakarida-Sukrosa, Laktosa, dan Maltose

Disakarida terbentuk ketika dua monosakarida menggabungkan (di berarti dua). Disakarida dalam makanan adalah sukrosa, laktosa, dan maltosa. Semuanya mengandung glukosa.

Sukrosa terbentuk ketika dua gula glukosa dan fruktosa mempunayi ikatan bersama-sama. Sukrosa ditemukan secara alami dalam tebu, gula bit, madu, dan gula maple. Produk ini diproses untuk berbagai bentuk untuk membuat cokelat, gula putih, dan bubuk gula. Hewan tidak menghasilkan sukrosa dan berbagai jenis karbohidrat kecuali glikogen.

Laktosa terbentuk dari ikatan glukosa dengan galaktosa selama sintesis susu. Sekali lagi, sebagian besar sumber untuk laktosa adalah produk susu. Bagian berikutnya pada laktosa pencernaan dan laktosa intoleransi membahas masalah yang terjadi ketika seseorang tidak dapat dengan mudah mencerna laktosa.
Maltosa dihasilkan ketika pati dipecah menjadi hanya dua molekul glukosa terikat bersama-sama. Maltose memainkan peran penting dalam industri bir dan minuman keras. Dalam produksi minuman beralkohol, pati dalam biji-bijian sereal pertama-tama dikonversi menjadi karbohidrat sederhana oleh enzim yang ada dalam biji-bijian. Produk-produk dalam langkah ini (maltosa, glukosa, dan gula yang lain) yang kemudian dicampur dengan sel ragi tanpa adanya oksigen. Sel-sel ragi mengkonversi sebagian besar gula alkohol (etanol) dan karbondioksida, proses tersebut disebut fermentasi. Di dalam produk akhir,terdapat sedikit maltosa yang tertiggal di sana. Yang menyebabkan beberapa produk makanan atau minuman mengandung maltosa. Tetapi paada kenyataannya, kebanyakan maltosa yang ada dalam tubuh kita berasal dari proses penncernaan pati dalam usus kecil yang diproduksi selama pencernaan dalam tubuh kita sendiri.

No comments:

Post a Comment