Wednesday, October 24, 2012

Pengantar Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber bahan bakar utama untuk beberapa sel, terutama di otak, nervous sistem, dan sel-sel darah merah. Otot juga mengandalkan pasokan karbohidrat untuk bahan bakar aktivitas fisik intens. Karbohidrat menyediakan rata-rata 4 kkal per gram dan bahan bakar tersedia untuk semua sel, baik dalam bentuk glukosa darah dan glikogen yang tersimpan dalam hati dan otot. Glikogen yang tersimpan dalam hati bisa digunakan untuk menjaga konsentrasi glukosa darah pada saat-saat ketika Anda tidak makan beberapa jam atau diet yang menyebabkan tidak cukup menyediakan karbohidrat. Asupan rutin karbohidrat sangat penting, karena cadangan liverglikogen yang habis dalam waktu sekitar 18 jam jika karbohidrat tidak dikonsumsi. Setelah titik itu, tubuh dipaksa untuk menghasilkan karbohidrat sendiri, sebagian besar dari pemecahan protein dalam tubuh. Ini akhirnya mengarah pada masalah kesehatan, termasuk hilangnya jaringan otot. Untuk mendapatkan energi yang memadai, Dewan makanan dan gizi merekomendasikan bahwa 45% sampai 65% dari kalori yang kita konsumsi setiap hari terdiri dari karbohidrat.
Manusia memiliki sensor di lidah yang bisa merasakan manisnya karbohidrat. Para peneliti berspekulasi bahwa manisnya karbohidrat ini menunjukkan sumber energi yang aman untuk manusia, dan karena itu menjadi sumber energi yang penting.
Meskipun karbohidrat berperan penting sebagai sumber kalori, ada beberapa bentuk karbohidrat yang bisa meningkatkan kesehatan lebih dari yang lain. Seperti yang akan Anda lihat dalam hal ini, roti gandum dan sereal memiliki manfaat kesehatan yang lebih besar daripada bentuk-bentuk halus dan olahan karbohidrat. Memilih sumber karbohidrat sehat, memberikan kontribusi untuk diet sehat. Tetapi sulit untuk makan begitu sedikit karbohidrat, karena kebutuhan bahan bakar tubuh tidak terpenuhi, membuat badan merasa lemas dan perut lapar. Tetapi mudah untuk secara berlebihan mengkonsumsi karbohidrat yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.
Mari kita mengeksplorasi konsep ini lebih lanjut, seperti karbohidrat yang kita lihat secara rinci.

6 carbon dioxide + 6 water (solar energy) → glucose + 6 oxygen
           (H2O)     +              (CO2)           → (C2H12O6) + (O2)

Tanaman hijau membuat karbohidrat dalam makanan kita. Daun menangkap surya
energi matahari dalam sel mereka dan mengubahnya menjadi energi kimia. Energi ini kemudian disimpan dalam ikatan kimia dari glukosa karbohidrat seperti yang dihasilkan dari karbon dioksida dari udara dan air serta tanah. Ini adalah proses yang kompleks disebut foto-sintesis.

No comments:

Post a Comment